About Me

Tuhan memperkenankan kami tinggal di bumi sejak 58 tahun lalu, dan pertama kali tinggal di daerah Bantul Yogyakarta, suka duka sebagai seorang pria dengan cita-cita sekolah tanpa biaya di-ijinkan di Akademi Penerbangan Indonesia ( LPPU – STPI sekarang). Kemudian kerja di PT Angkasa Pura sambil ngangsu kawruh di ISTN ( dulu ATN/STTN Cikini ), sebelum pensiun masih ingin belajar untuk tidak ketinggalan informasi manajemen di LPMI.

Dalam bidang rohani dipercaya untuk membantu merawat suatu kumpulan percayawan kristiani Kerasulan Baru sidang Kramatjati sampai sekarang.

Kami sangat bersukacita berjumpa dengan anda, siapapun anda, baik sekepercayaan maupun bukan . Tujuan kami adalah membantu siapapun untuk mengerti sampai batas tertentu, dari tulisan – tulisan kami yang sederhana, yang bersumber dari pengajaran Kerasulan Baru.

Salam kasih kami

Yutamto

15 responses to “About Me

  1. Dear Pak Yutamto,

    Mau tanya ni, apakah yang Bapak maksud dengan pengajaran Kerasulan Baru? apakah itu bersumber dari alkitab? apakah itu termasuk salah satu aliran kristen tertentu?

    Demikian pertanyaan saya, semoga berkenan menjawab.

    Terimakasih,

    DAVID

  2. Dear Pak Yutamto,

    Mau tanya nih, apakah yang Bapak maksud dengan pengajaran Kerasulan Baru? apakah itu bersumber dari alkitab? apakah itu termasuk salah satu aliran kristen tertentu?

    Demikian pertanyaan saya, semoga berkenan menjawab.

    Terimakasih,

    DAVID

  3. Senang berjumpa dengan Bapak David, pengajaran Kerasulan Baru termasuk Kristiani, tentu bersumber dari alkitab.Tks.

  4. Terimaksih atas jawabannya Pak. Tetapi terlalu singkat ya, bisa dijelaskan lebih lanjut (selain spt Bp katakan : bersumber dari alkitab). Apakah bedanya dengan kekristenan pada umumnya? Apakah yang dimaksud dengan adanya kata “baru”? Saya juga pernah membaca tentang “the new apostolic movement”, apakah itu sama Pak?

  5. Salam, Kami tergabung dalam Kristen Kerasulan Baru Internasional ( New Apostolic Church ), sesuai dengan namanya ” Kerasulan Baru ” memberikan informasi bahwa disana ada rasul yang masih bekerja sejak awal mulai mereka mulai bekerja sampai saat ini dan bahkan sampai Tuhan datang.

  6. Terimakasih Pa Yutamto. Tapi maaf Bapak belum juga menjawab pertanyaan saya dengan jelas. Kalau tentang rasul, ya memang demikian Pak, rasul harus tetap ada dan bekerja memberitakan injil keselamatan (bukan memimpin organisasi gereja) sampai Injil Kerajaan jadi kesaksian bagi semua bangsa (Mat 24:14) dan Tuhan Yesus datang mengangkat gerejaNya (1 Tes 4:17). Demikian juga jawatan2 lain seperti yang disebutkan dalam Ef 4:11 harus tetap ada dan bekerja sesuai fungsinya masing2. Kembali ke gereja Bapak, mungkin kalau boleh saya mau tanya lebih spesifik apakah arti kata “baru” dalam konteks nama organisasi gereja Bapak itu? Kemudian apakah gereja Bapak juga mengutus rasul2 ke seluruh bangsa2 untuk memberitakan Injil Keselamatan seperti terjadi pada gereja mula2 (contoh: pengutusan Paulus dan Barnabas)? Lebih spesifik lagi, adakah seorang rasul yang sedang diutus oleh gereja Bapak hari2 ini untuk memberitakan injil didaerah2 di negara kita ini? Kalau ada, boleh Bapak mengenalkan rasul tersebut kepada saya, karena saya ingin berjejaring dalam memberitakan Injil Keselamatan. Hal ini penting mengingat hari kedatangan Tuhan sudah semakin mendekat? Pertanyaan terakhir ya Pak Yutamto, apakah pelayanan Bapak sekarang? Apakah Bapak melayani penggembalakan (pastor)? penginjilan (evangelist), pengajaran (teaching) atau Bapak bergerak dalam pelayanan kenabian (prophetic) atau kerasulan (apostolic), seperti tertulis dalam Ef 4:11. Terimaksih, Tuhan Yesus memberkati.

  7. Selamat pagi pak David, kami mencoba satu persatu menyampaikan informasi atas pernyaaan bapak.
    1. Kata ” Baru ” , disini memberikan informasi bahwa kegiatan para rasul tersebut dimulai kembali pada tahun 1863 di benua Eropa. Mulai saat itu seorang rasul kepala memimpin para rasul yang bekerja di seluruh dunia.
    2. Para rasul bekerja di seluruh dunia, memberitakan injil , menjumpai mereka/bangsa yang mau percaya.
    3. Pengajaran Kerasulan Baru masuk ke Indonesia sejak abad 19 dibawa oleh F.L. Anthing (warga negara Belanda) ke Batavia, demikian seterusnya para rasul bekerja sampai sekarang, dan saat ini Indonesia termasuk dalam distrik Asia Tenggara, dipimpin oleh seorang Rasul Distrik , saat ini di Indonesia ada 2 orang Rasul membantu Rasul Distrik.
    4. Kami ditugaskan untuk merawat sebuah sidang Kerasulan Baru membantu beliau di sebuah sidang kecil di daerah Kramatjati sebagai seorang evangelist sidang.
    Demikian sedikit informasi yang bisa kami sampaikan, apabila bapak ingin memperoleh informasi lebih lanjut kami persilahkan datang ke sidang kami di Jl. kelapa gading III Rt.09/01 Kramatjati, atau apabila bapak sering searching di internet dapat dibuka ” new apostolich church international “, sangat banyak informasi yang lebih baik dari pada informasi kami.
    Demikian informasi kami semoga dapat membantu dan terimakasih atas perhatian bapak serta telah menyempatkan untuk berkomunikasi dengan kami.

  8. Terimakasih atas tambahan jawabannya Pak Yutamto,

    Selanjutnya saya masih ingin lebih jauh lagi bertanya, sbb :

    1. Apakah dalam pandangan gereja Kerasulan Baru seorang rasul itu mempunyai fungsi memimpin organisasi gereja (seperti bp katakan dalam point 2)? catatan : “Rasul Distrik” itu apa ya Pa? referensi alkitabya adakah?

    2. Apakah rasul2 yang Bp maksud diatas itu bekerja hanya digereja Bp atau juga bergerak antar gereja? Apakah 2 orang rasul yang Bp katakan membantu di Indonesia itu bekerja memberitakan injil kepada orang2 yang belum mengenal Kristus seperti yang Tuhan Yesus perintahkan, atau mereka hanya menangani sebuah organisasi gereja saja ?

    3. Saya pernah membaca tentang kegerakan doa di Inggris yang dimulai tahun 1820an. Tahun 1835 kalau tidak salah sudah ada orang yang menyatakan dirinya rasul apakah kerasulan baru itu dimulai dari sini? Apakah Bp pernah mendengar tentang Nabi H. Geyer? kalau tidak salah kegerakan ini ada hubungannya dengan gereja Bp? Apakah sekarang ini gereja Bp masih mengakui nabi? karena dalam Alkitab PB saya juga masih menemukan beberapa nabi walaupin tidak sepopuler nabi2 PL. Ef 4:11 juga mengatakan tentang nabi.

    4. Bp mengatakan bahwa Bp adalah seorang evanglist, jadi Bp bekerja memberitakan injil kepada orang2 yang belum mengenal Kristus begitu? atau Bp hanya menginjili sidang jemaat tertentu saja?

    5. Kalau mengenai website gereja Bp, saya pernah membukanya, tapi jujur tidak banyak informasi yang bisa saya dapatkan.

    6. Kalau suatu saat saya mengundang Bapak untuk menyampaikan firman Tuhan di gereja tempat saya berjemaat apakah Bapak berkenan?

    7. Terimakasih, semoga Bp tidak bosan dan tetap menyala2 membicarakan perkara2 rohani ini dengan saya. Tuhan Yesus memberkati.

  9. Waduhhhhh.. diskusinya seru nih efanglist dan untuk bapak David saya senang anda bisa melihat2 di web kami, dan kalau masalah informasi memang tdk semuanya tersedia di dalam web.dan diskusi di dunia mayapun terbatas dengan kesibukan masing masing, saya setuju dengan saran efanglist Yutamto mungkin Bapak David bisa datang ke Jemaat GKBI.mungkin apa ila ke kramajati terlalu jauh dari tempat bapak bisa di sidang GKBI di mana saja di DKI,dan sekitarnya, Bekasi, Tanggerang Depok atau dimanapun. mafff di Bapak Bapak saya ikutan Koment soalnya menarik sih.

    Semoga DamaiNya dari yg telah bangkit dari wafat Menyertai Kita semua.

  10. Pak Yoseph,

    Sebenarnya saya menunggu2 jawaban dari Bp. Yutamto. Tapi sementara itu, tiba2 muncul komentar Pak Yoseph. Dari komentar Bp terlihat ada kesamaan yaitu bahwa Bp dan Bp Yutamto kurang menangkap esensi yang sebenarnya dari pertanyaan2 saya. Tapi ok lah..kalau memang demikian, mungkin juga memang saya yang kurang mampu menyampaikan esensi tersebut dengan gamblang.

    Saya juga menangkap hal yang sama antara Bp dan Bp Yutamto yaitu sama2 mengajak saya untuk datang ke ibadah di gereja GKBI. Menurut saya, bukan ini yang sebenarnya harus terjadi diantara umat Kristiani yang nota bene adalah anak2 Tuhan. Karena jika demikian berarti Bp mengatakan bahwa ada perbedaan di antara gereja2, bukankah saya juga seorang Kristen yang adalah jemaat salah satu gereja Tuhan? Bukankah Tuhan Yesus berdoa agar setiap orang yang percaya kepadaNya karena pemberitaan mereka (rasul2) menjadi satu adanya? (Yohanes 17). Apakah kalau seorang Kristen bertanya kepada seorang Kristen lainnya mengenai kekristenan, kemudian yang satu mengatakan : “mari datang saja ke gerejaku”, itu menggambarkan kesatuan gereja2 ? (catatan : arti kata gereja adalah kumpulan orang percaya).

    Mari ita berdiskusi sebagai sesama anak Tuhan atau juga murid Tuhan Yesus.

    Tuhan Yesus memenuhi Bp dengan kelimpahan kasihNya di penghujung th 2009 ini, dan bersama Dia kita masuki segera tahun 2010.

    Note :
    http://www.katahidup.wordpress.com itu bukan web tapi blog
    – Bukan efanglist (pake f)tapi evangelist (pake v), artinya penginjil, kerjanya memberitakan injil, contohnya di alkitab adalah Filipus. Ini adalah salah satu dari 5 jawatan yang disebutkan dalam Efesus 4:11

  11. Dear Pak Yutamto,

    Saya baru saja membaca tulisan Bapak, sebelum saya sharing lebih lanjut tentang ayat ini, tahukah Bapak bahwa sebenarnya dalam terjemahan King James tertulis seperti berikut :

    Mat 16:19 And I will give unto thee the keys of the kingdom of heaven: and whatsoever thou shalt bind on earth shall be bound in heaven: and whatsoever thou shalt loose on earth shall be loosed in heaven.(KJV)

    Perhatikan bahwa yang Tuhan Yesus berikan adalah bukan key (key) tapi keys (kunci2, Yunani : kleis).

    Apa komentar Bapak tentang hal ini?

    Selamat memberitakan Injil Kerajaan dan memenangkan jiwa2 bagi Kristus, Tuhan Yesus memberkati!

  12. Peristiwa pengubahan tersebut harus dimulai sejak sekarang dari ketidak percayaan dan ragu menjadi percaya yang teguh, dari ketiadaan kasih menjadi pengasih termasuk kepada musuh-musuh, dari sikap yang hanya memikirkan perkara2 duniawi menjadi mempreoritaskan Kerajaan Allah , dari yang tidak ada pengharapan menjadi pengharapan yang hidup kemudian dari yang hanya mengandalkan diri kepada kekuatan sendiri menjadi kepada pengetahuan dan pengakuan bahwa semua berasal dari Allah.

    Pertanyaan :

    1. Bagaimana caranya untuk seseorang berubah dari tidak percaya menjadi percaya dan kemudian menjadi percaya teguh
    2. Bagaimana kita bisa mengasihi bahkan musuh2 kita
    3. Bagaimana penerapan dalam kehidupan sehari2 jika kita mau memprioritaskan Kerajaan Allah?

    Demkian pertanyaan saya, semoga Bapak berkenan menjawabnya

    Tuhan Yesus memberkati

  13. APOSTLE, A CHURCH LEADER?

    Jabatan2 dalam gereja menurut alkitab adalah :

    Ef 4:11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul (apostolos) maupun nabi-nabi (prophetes), baik pemberita-pemberita Injil (euaggelistēs) maupun gembala-gembala (poimēn) dan pengajar-pengajar (didaskalos),

    Rasul (apostolos) adalah peletak dasar gereja (kelompok orang percaya) disegala abad (dari abad pertama sampai hari kedatangan Tuhan Yesus), bekerja memberitakan injil kepada orang-orang yang belum mengenal Tuhan Yesus dengan diperlengkapi kuasa mujizat yang dipakai dalam kondisi-kondisi tertentu untuk meneguhkan pemberitaannya.
    Alkitab tidak pernah mencatat atau menugaskan untuk rasul-rasul menjadi pemimpin organisasi gereja.
    Kisah para rasul tidak parnah mencatat ata rasul-rasul yang hanya berkhotbah di satu kelompok tertentu saja. Petrus berkhotbah di tempat-tempat terbuka, yang memungkinkan banyak orang mendengarkan khotbahnya, sehingga ada 3000 orang pada saat itu dibaptis. Paulus berkhotbah di tempat ibadah (sinagoge) yang sudah ada ketika itu. Paulus ataupun Petrus tidak berkhotbah pada jemaat yang dia pimpin secara organisasi.

    Nabi (prophetes) adalah alat kelengkapan Tuhan bagi orang percaya baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru. Anugrah untuk mengatakan perkataan yang mendidik bagi gereja sangat tinggi dalam diri para nabi ini, dan mereka juga adalah alat dalam mengungkapkan misteri dan dalam mengungkapkan apa yang akan terjadi di masa mandatang (Kis 11:28, 13:1-2, 15:32). Alkitab tidak menjelaskan bahwa nabi hanya diperlukan pada masa-masa atau keadaan tertentu saja.

    Pemberita Injil (euaggelistes). Sebagai tambahan bagi para rasul dan nabi, pemberita injil juga disebutkan dalam alkitab (Kis 21:8, Ef 4:11, 2Tim 4:5). Filipus, Markus, Timotius dan Titus termasuk pemberita-pemberita injil. Mereka menyertai dan membantu rasul-rasul, dan kadang-kadang mereka juga dikirim dengan suatu misi tertentu. Pekerjaan mereka adalah berkhotbah, membaptis tetapi juga mengangkat para pejabat gereja lokal (Tit 1:5, 1 Tim 5:22) dan juga menegakkan disiplin gereja (Tit 3:10).

    Gembala (poimen). Para pejabat ini jelas merupakan pelindung dan penjaga bagi para domba Tuhan yang dipercayakan kepada mereka. Gereja-gereja jaman akhir menyebutnya dengan istilah gembala jemaat/ gembala sidang. Mereka harus memelihara dan melindungi para dombanya sebagai satu keluarga Allah. Pemimpin atau gembala (poimēn )jemaat/ gereja dalam alkitab juga dikatakan dengan istilah penatua (presbuteros) atau penilik (episkopos), (Kis 11:30, 20:17,28, Ef 4:11). Melihat pekerjaan seorang gembala, maka pejabat ini bisa dikatakan sebagai pemimpin organisasi gereja lokal yang bertanggung- jawab kepada Kepala Gereja (Kol 1:18).

    Pengajar (didaskalos). Rasul, nabi dan pemberita injil tidaklah menetap di suatu kelompok orang percaya atau gereja tertentu. Base camp mereka boleh jadi adalah gereja, tetapi mereka tidak menetap dan tidak hanya melayani satu gereja tertentu. Sementara gembala/ penatua/ penilik lebih berfokus pada perawatan jemaat dan pemerintahan/ (manajemen) organisasi gereja. Untuk itu gereja dilengkapi juga dengan pengajar-pengajar yang akan menyampaikan pengertian-pengertian yang mendalam tentang kebenaran firman Tuhan (2Tim 2:2), untuk pertumbuhan rohani jemaat yang bersangkutan.

    Gembala dan pengajar sangat bertanggung jawab atas jemaat Tuhan

    Gambala dan pengajar merupakan pejabat gereja yang sangat bertanggung jawab atas jemaat Tuhan secara langsung. Wahyu 2:1, 8, 12, 18; 3:1, 7, 14 menggunakan kata aggelos (dalam terjemahan LAI diterjemahkan sebagai malaikat jemaat). Hal tersebut memperlihatkan betapa bertanggung jawabnya para gembala dan pengajar atas jemaat, sehingga pesan kepada tujuh sidang jemaat tersebut tidak disampaikan kepada para rasul atau nabi atau pemberita injil tetapi kepada para gembala dan pengajar.

    Diaken. Alkitab mencatat bahwa jemaat selain diperlengkapi dengan penilik/ penatua/ gembala, juga diperlengkapi dengan diaken yang kelihatannya merupakan partner kerja gembala (Fil 1:1, 1Tim 3:8,10,12). Kis 6:1-6, menurut pendapat umum menulis tentang pemilhan 7 diaken, walaupun banyak sarjana PB modern meragulan hal itu, karena paling tidak dua diantara mereka yaitu Filipus dan Stefanus juga adalah pengajar-pengajar.

    Semoga dapat menambah pemahaman saudara tentang arti pejabat-pejabat dalam gereja dan implementasinya. Saya tunggu sharing saudara2ku semua..

    TUHAN YESUS MEMBERKATI SAUDARA SEMUA

  14. Dear pak yulianto,
    mau tanya nih, mengapa sih kita harus menyembah tuhan???
    bukankan tuhan itu ada karena kita sembah??

  15. Muhammad thahir

    Tuhan Yesus bukanlah bermakna Yesus adalah Tuhan. Tetapi ia bermakna Tuhannya Yesus, yaitu Tuhan kita semua (baik ia beragama yahudi, kristen, islam, budha, hindu, dan seluruh umat manusia, umat Jin, bahkan seluruh alam semesta ini) adalah Tuhan yang kita kenal sebagai Allah (masih banyak lagi nama-nama Tuhan lainnya).

    Yesus (dalam agama islam, ia adalah Isa putra maryam atau Isa Almasih) adalah sang juruselamat, yang bermakna ia adalah utusan Tuhan yang menunjukkan jalan keselamatan kepada-Nya (Tuhan). Mengikuti ajaran Yesus berarti mengikuti jalan keselamatan. Yesus adalah juruselamat yang menggantikan (menggenapkan ajaran Taurat dengan Injil) juruselamat yang sebelumnya yaitu moses (ayau yosua), juruselamat kaum israel.

    Yesus berkata: “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan ia akan memberikan kepadamu seorang penolong yang lain, supaya ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu roh kebenaran.”(Yohanes 14:15-17).

    Sebelumnya Yesus meninggalkan dunia ini, dia meminta kepada Bapanya (Tuhannya) agar supaya mereka memberikan seorang juruselamat sebagai pengganti untuk meneruskan risalahnya.

    “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, Penolong yang lain, supaya ia menyertai kamu selama-lamanya,(17) yaitu roh kebenaran.” (Yohanes 14:15-16).

    Yang dimaksud dengan Seorang Penolong atau Penghibur atau roh kebenaran dalam bahasa Yunani = Parlichtus / Paralectos, yang dalam bahasa Arab berasal dari akta “Hmad”, yang Nasrani jaman dulu menulis dengan kata“Ahmad” yang berarti “Yang terpuji”.

    Ahmad inilah juruselamat yang menggantikan (menggenapkan ajaran Taurat dan Injil dengan Quran) posisi Yesus untuk meneruskan risalah keselamatan, jalan menuju Tuhan.

    Moses, Yesus dan Ahmad (atau Muhammad) adalah para juruselamat yang diutus oleh Tuhan. Maka ikutilah jalannya juruselamat yang terakhir yaitu Muhammad, sebab ia juga adalah juruselamat yang menunjukkan jalan kepada Tuhan serta jalan keselamatan untuk menghapus dosa dan mengajarkan kitab dan hikmah.

    Janganlah mengikuti jalan lainnya, yaitu jalannya orang yang dimurkai (sudah tahu jalan keselamatan tetapi tidak mengikuti jalan tersebut) dan jalannya orang tersesat (mengikuti jalan yang bukan keselamatan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s